Minggu, 16 Oktober 2016

Cara Mudah Menulis Artikel (Opini) bagi Pemula


Cara Mudah Menulis Artikel (Opini) bagi Pemula


Tulisan ini terutama kupersembahkan bagi penulis pemula yang merasa kesulitan menuangkan ide-ide/gagasan atau pemikirannya ke dalam bentuk tulisan artikel (opini). Kuharap dapat membantu anda dalam menuangkan ekspresi sekaligus aspirasi sehingga layak disajikan untuk dikonsumsi bersama. Tanpa bermaksud menggurui dan terlepas dari tendensi apa pun kecuali rasa ingin berbagi atau saling memberi - maka diriku perlu berkontribusi nyata. Ada pun cara menulis artikel dapat diketahui sebagai berikut:


PEMBUKAAN:
Alinea pertama (menarik perhatian pembaca) Mengemukakan hal-hal paling menonjol dari topik/kasus yang dikaji, dari segi kontroversi, dampak, keunikan atau keistimewaan yang dapat dilihat atau dirasakan, baik saat ini atau masa depan. Penggunaan bahasa sesuai nuansa yang dibangun.

Alinea kedua (penjelasan objek kajian) Mengurai singkat objek kajian, pemaparan data objektif, kalimat sederhana, mudah dipahami duduk perkaranya. Kemudian memberi penjelasan rinci pada bagian yang menjadi fokus kajian. Minimal menunjukkan: kapan kejadiannya, di mana dan melibatkan siapa. Untuk memperkuat objektivitas dapat mengutip informasi dari data dokumentasi, suratkabar, media lain atau hasil observasi.

BAGIAN TENGAH:
Alinea ketiga (pemilihan objek kajian) Menjelaskan pokok pikiran, mengapa memilih topik kajian atau focus of interest dari masalah yang dikaji. Kemukakan: apa dan siapa saja terkait masalah tersebut. Meyakinkan pembaca bahwa kajian ini penting, terutama untuk kesejahteraan masyarakat yang perlu “dibela.”Yang perlu dibela: rakyat kecil,konsumen yang tidak berdaya atau kebenaran hakiki. Pemaparan ini menggunakan argumen rasional (teori, konsep atau konsep common sense), perlu juga mengemukakan bukti empiris.

Alinea keempat (masalah yang dikemukakan) Kemukakan masalah mendasar dari kajian. Masalah yang diangkat bukan sekadar permukaan, tetapi akar masalah dan masalah ikutan yang berimplikasi pada masalah teknis untuk memperkuat masalah yang dikemukakan. Pemaparan data empris yang menunjukkan adanya kontradiksi, ketidak-konsistenan, ketidak-rasionalan dan kejanggalan atau kesalahan berpikir (fallacy), baik menyangkut kebijakan maupun implementasi kebijakan.

BAGIAN AKHIR:
Alinea kelima (menjawab masalah) Menguraikan analisis berupa pemaparan premis-premis yang memperkuat kontradiksi yang diberikan. Premis dimaksud, berupa data empiris yang punya kaitan langsung atau tidak, bisa juga mengemukakan argumen rasional. Sudahi dengan uraian singkat, jelas.

Alinea keenam (solusi/langkah kongkret yang perlu diambil) Berikan solusi atas masalah yang dibangun. Solusi terhadap masalah yang dibahas tanpa meninggalkan substansinya. Solusi ditujukan kepada siapa dan apa yang perlu dilakukan oleh instansi atau organisasi atau individu. Kemukakan keuntungan bila melakukan solusi yang ditawarkan.

Cara penulisan artikel yang tertuang dalam 6 (enam) alinea tersebut bukanlah harga mati. Silakan dikembangkan sesuai gaya penulisan anda. Selamat menyoba, tunggu apa lagi?


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/jk.martono/cara-mudah-menulis-artikel-opini-bagi-pemula_5500abcea33311187051190d


Tidak ada komentar:

Posting Komentar