SOAL TRY OUT KEMITRAAN 2016 / 2017 PAKET A BAHASA INDONESIA
KUNCI JAWABAN
1. E 26. D
2. A 27. A
3. D 28. D
4. A 29. B
5. E 30. E
6. A 31. A
7. B 32. C
8. E 33. C
9. D 34. A
10. E 35. A
11. C 36. B
12. A 37. D
13. D 38. A
14. E 39. A
15. A 40. D
16. B 41. A
17. B 42. D
18. D 43. A
19. B 44. C
20. B 45. A
21. B 46. E
22. C 47. E
23. B 48. B
24. E 49. A
25. B 50. D
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan
cara menyilang huruf A, B, C, D
atau E pada lembar jawaban yang telah
tersedia.
1.
Bacalah paragraf berikut dengan baik!
Paradigma terhadap
ancaman pertahanan negara banyak bergeser dari ancaman militer ke ancaman
nonmiliter. Bentuknya dapat berupa serangan di dunia maya, terorisme, maupun
separatism. Ancaman tersebut juga memiliki risiko dan ketidakpastian yang
tinggi, multidimensi, dan kompleks. Ancaman itu masuk di berbagai bidang;
baik di militer, politik, ekonomi, sosial, budaya maupun teknologi. Semua itu
bisa menyebabkan suatu bangsa mengalami
kehancuran(Kompas, 10
Oktober 2016)
|
Ide pokok
paragraf tersebut adalah ….
A.
Semua itu bisa menyebabkan suatu bangsa
mengalami kehancuran.
B.
Ancaman di berbagai bidang militer, politik,
ekonomi, sosbud dan teknologi.
C.
Ancaman berisiko dan ketidakpastian tinggi,
multidimensi, dan kompleks.
D.
Bentuknya berupa serangan di dunia maya,
terorisme, maupun separatisme.
E.
Ancaman pertahanan negara bergeser dari
ancaman militer ke nonmiliter.
2.
Bacalah wacana berikut dengan teliti! (untuk
soal no. 2 dan 3)
Sistem penanggalan
uranium-series berbeda dengan C 14 yang menggunakan karbon dalam penelusuran
umur. Melalui metode ini, peneliti bisa mendeteksi umur lebih tepat dengan
cara menghitung usia uranium yang terperangkap dalam kapur kalsit dinding
goa. Penanggalan uranium-series ini dilakukan oleh Maxim Aubert, peneliti
dari Unit Evolusi Peradaban dan Seni Cadas Universitas Griffith. Sejak saat
itu penanggalan uranium-series yang dilakukan oleh peneliti tak pernah
terdengar kabarnya lagi.Temuan ini merevisi anggapan selama ini bahwa lukisan
goa tertua berasal dari Spanyol.
|
Kalimat
utama dalam paragraf tersebut adalah ….
A.
Sistem penanggalan uranium-series berbeda
dengan C 14 yang menggunakan karbon dalam penelusuran umur.
B.
Melalui metode ini, peneliti bisa mendeteksi
umur lebih tepat dengan cara menghitung usia uranium yang terperangkap dalam
kapur kalsit dinding goa.
C.
Penanggalan uranium-series ini dilakukan oleh
Maxim Aubert, peneliti dari Unit Evolusi Peradaban dan Seni Cadas Universitas Griffith.
D.
Sejak saat itu penanggalan uranium-series
yang dilakukan oleh peneliti tak pernah terdengar kabarnya lagi.
E.
Temuan ini merevisi anggapan selama ini bahwa
lukisan goa tertua berasal dari Spanyol.
3.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung dalam
paragraf tersebut adalah ….
A.
Sistem penanggalan uranium-series berbeda
dengan C 14 yang menggunakan karbon dalam penelusuran umur.
B.
Melalui metode ini, peneliti bisa mendeteksi
umur lebih tepat dengan cara menghitung usia uranium yang terperangkap dalam
kapur kalsit dinding goa.
C.
Penanggalan uranium-series ini dilakukan oleh
Maxim Aubert, peneliti dari Unit Evolusi Peradaban dan Seni Cadas Universitas Griffith.
D.
Sejak saat itu penanggalan uranium-series
yang dilakukan oleh peneliti tak pernah terdengar kabarnya lagi.
E.
Temuan ini merevisi anggapan selama ini bahwa
lukisan goa tertua berasal dari Spanyol.
4.
Bacalah wacana berikut dengan baik!
Temuan ini
menerobos teori yang diungkapkan ahli mikroskop Ernest Abbe pada 1873. Saat
itu, Abbe menunjukkan, resolusi gambar yang dihasilkan mikroskop tak akan
melebihi setengah panjang gelombang cahaya. Patokan ini dipakai dan dipercaya
banyak ilmuwan pada waktu itu. Namun, teori itu tak membatasi imajinasi dan
kreativitas mereka. Betzig, Hell, dan Moerner akan berinovasi dengan
memanfaatkan sifat perpendaran cahaya pada molekul.
|
Fakta yang
terdapat dalam wacana tersebut adalah ….
A.
Temuan ini menerobos teori yang diungkapkan
ahli mikroskop Ernest Abbe pada 1873.
B.
Abbe menunjukkan, resolusi gambar yang
dihasilkan mikroskop tak akan melebihi setengah panjang gelombang cahaya.
C.
Patokan ini dipakai dan dipercaya banyak
ilmuwan pada waktu itu; teori juga membatasi imajinasi.
D.
Namun, teori itu tak membatasi imajinasi dan
kreativitas mereka (Betzig, Hell, dan Moerner).
E.
Betzig, Hell, dan Moerner akan berinovasi
dengan memanfaatkan sifat perpendaran cahaya pada molekul.
5.
Bacalah kutipan berita berikut dengan
saksama!
Sejumlah organisasi
kemasyarakatan dan mahasiswa, Kamis (9/10), menggelar aksi meminta pemilihan
kepala daerah kembali dilakukan secara langsung oleh rakyat. UU no. 22 Tahun 2016
tentang Pilkada, yang menyatakan Pilkada melalui DPRD, akan membawa ke arah
sistem oligarki dan menutup kesempatan lahirnya figur alternatif yang
berkualitas. Aksi menolak Pilkada oleh DPRD ini, kemarin, antara lain
dilakukan Himpunan Mahasiswa Indonesia Majelis Penyelamat Organisasi serta
jaringan masyarakat sipil pembela HAM dari Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.
Aksi serupa dilakukan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Jakarta, Depok,
dan Bekasi, seperti mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma,
Universitas Nasional, Universitas Paramadina, dan lain-lain. Ketua Badan
Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPI YAI Firda
Priyanti mengatakan, aksi menolak pilkada oleh DPRD bukanlah untuk mendukung
partai politik atau koalisi tertentu (Kompas,
10 Oktober 2016).
|
Opini yang
terdapat dalam wacana tersebut adalah ….
A.
Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan
mahasiswa, Kamis (9/10), menggelar aksi meminta pemilihan kepala daerah kembali
dilakukan secara langsung oleh rakyat.
B.
UU no. 22 Tahun 2014 tentang Pilkada, yang
menyatakan Pilkada melalui DPRD, akan membawa ke arah sistem oligarki dan
menutup kesempatan lahirnya figure alternatif yang berkualitas.
C.
Aksi menolak Pilkada oleh DPRD ini, kemarin,
antara lain dilakukan Himpunan Mahasiswa Indonesia Majelis Penyelamat
Organisasi serta jaringan masyarakat sipil pembela HAM dari Sumatra, Jawa, dan
Kalimantan.
D.
Aksi serupa dilakukan mahasiswa sejumlah
perguruan tinggi di Jakarta, Depok, dan Bekasi, seperti mahasiswa Universitas
Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Nasional, Universitas Paramadina,
dan lain-lain.
E.
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik UPI YAI Firda Priyanti mengatakan, aksi menolak pilkada
oleh DPRD bukanlah untuk mendukung partai politik atau koalisi tertentu.
6.
Bacalah kutipan artikel dengan teliti!
Tanaman yang masih
sekeluarga dengan kaktus ini telah sejak lama dibudidayakan orang. Selain
parasnya yang cantik, tumbuhan ini juga mampu mengusir polutan. Jadi, jika
Anda menginginkan kualitas udara di dalam dan sekitar rumah senantiasa
terjaga, Sansievera merupakan
pilihan tepat. Anda bisa meletakkannya di sudut dapur atau kamar mandi untuk
meredam aroma tak sedap dan hawa tak segar. Atau jika suatu kali Anda
mengecat ruangan dan agak terganggu dengan aroma cat yang menyengat, letakkan
saja Sansievera di ruangan itu. Hanya dalam semalam, aroma akan hilang.
Biasanya, setelah bekerja keras menyerap polutan, daun Sansievera akan tampak berdebu atau kotor. Agar kembali cantik,
anda tinggal membersihkan permukaan daunnya dengan lap basah (Sumber Repubika, dengan pengubahan)
|
Kalimat
yang sesuai dengan pernyataan dalam kutipan tersebut adalah ….
A.
Selain berparas cantik, tumbuhan Sansievera mampu mengusir polutan.
B.
Sansievera dapat meredam aroma tak sedap dan
hawa tak segar.
C.
Aroma cat yang menyengat akan hilang jika
dalam ruang itu diberi Sansievera.
D.
Setelah menyerap polutan Sansievera akan keihatan agak layu
E.
Agar cantik, anda tinggal membersihkan
permukaan daunnya dengan lap basah
7.
Makna kata polutan pada kutipan paragraf
tersebut adalah ….
A.
bahan yang dihasilkan oleh polusi
B.
bahan yang mengakibatkan polusi
C.
berbagai pencemaran lingkungan
D.
pencemaran darat, laut, dan udara
E.
sisa pembuangan dari pencemaran
8.
Bacalah kutipan biografi berikut dengan baik!
Pria kelahiran
Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana
menjadi penyair. Dia berkenalan dengan puisi pun secara tak sengaja. Sejak
masih belia, putra Sadyaka dan Apariyah itu sering membenamkan diri dalam
tulisan-tulisan. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya
dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih
duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia
memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra
UGM.
|
Hal yang
menarik dalam kutipan biografi tersebut adalah ….
A.
Pria kelahiran Solo ini, mengaku tak pernah
berencana menjadi penyair
B.
Ia memilih jurusan Sastra dan melanjutkan
pendidikan di fakultas Sastra UGM.
C.
Sejak
masih belia sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan.
D.
Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak
sejak ia masih SMAP.
E.
Ia pernah menulis sebanyak delapan belas
sajak hanya dalam satu malam.
9.
Bacalah kutipan esai berikut ini dengan
saksama!
Dalam kehidupan
sehari-hari, berbagai jenis informasi dapat diperoleh melalui berbagai
sumber. Pembelajaran menyimak harus memperhatikan hal-hal tersebut karena
masing-masing jenis dan tujuan menyimak menuntut kemampuan-kemampuan
tertentu. Untuk mengembangkan kemampuan menyimak, beberapa kegiatan yang
dapat ditekankan antara lain kegiatan
menyimak untuk menangkap ide pokok, menangkap detail-detail penting, memahami
urutan peristiwa, memberikan prediksi, dan mengembangkan kemampuan apresiasi.
Proses pembelajaran
menyimak terdiri atas tiga tahap pramenyimak, menyimak, dan pascamenyimak.
Penyusunan pembelajaran menyimak yang integratif perlu direncanakan dengan
baik karena melalui keterampilan ini kemampuan mengolah informasi secara
sistematis dapat dikembangkan.
|
Pendapat
penulis yang berkaitan dengan kutipan
esai tersebut adalah ….
A.
Pembelajaran menyimak harus memperhatikan
hal-hal tersebut karena masing-masing jenis dan tujuan menyimak menuntut
kemampuan-kemampuan tertentu.
B.
Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis
informasi dapat diperoleh melalui berbagai sumber.
C.
Proses pembelajaran menyimak terdiri atas
tiga tahap pramenyimak, menyimak, dan pascamenyimak.
D.
Penyusunan pembelajaran menyimak integratif perlu direncanakan dengan baik
agar melalui keterampilan ini kemampuan mengolah informasi dapat dikembangkan.
E.
Mengembangkan kemampuan menyimak, dengan
menangkap detail-detil penting, memahami urutan peristiwa, memberikan prediksi,
dan kemampuan apresiasi.
10.
Yang dituju dalam kutipan esai tersebut
adalah ….
A.
pemerintah
B.
masyarakat
C.
pelajar
D.
mahasiswa
E.
pembaca
11.
Perhatikan tabel berikut dengan saksama!
Tabel
Nilai Ujian Nasional SMA Karakter Bangsa Tahun 2016
NO.
|
KELAS
|
NILAI RERATA MATA
PELAJARAN
|
|||||
B.Indo.
|
B.Inggris
|
Matematika
|
Biologi
|
Kimia
|
Fisika
|
||
1.
|
XII IPA1
|
85
|
87
|
78
|
80
|
76
|
76
|
2.
|
XII IPA 2
|
85
|
87
|
79
|
78
|
76
|
77
|
3.
|
XII IPA 3
|
86
|
88
|
78
|
79
|
77
|
76
|
4.
|
XII IPS 1
|
86
|
89
|
80
|
80
|
76
|
75
|
5.
|
XII IPS 2
|
87
|
88
|
78
|
77
|
75
|
76
|
6.
|
XII IPS 3
|
85
|
86
|
77
|
76
|
75
|
78
|
Pernyataan
berikut sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ….
A.
Perolehan tertinggi nilai UN SMA Karakter
Bangsa pada mata pelajaran bahasa Inggris.
B.
Perolehan rerata nilai UN tertinggi SMA
Karakter Bangsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
C.
Perolehan rerata nilai UN tertinggi SMA
Karakter Bangsa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
D.
Rerata nilai hasil UN 2016 tertinggi adalah
mata pelajaran matematika diperoleh kelas XII IPS 3.
E.
Nilai terbaik diperoleh oleh kelas XII IPA 3
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika.
12.
Simpulan berdasarkan tabel tersebut adalah ….
A.
Perolehan nilai rerata tertinggi dari kelas
XII IPA paralel dan XII IPS paralel adalah nilai bahasa Inggris.
B.
Perolehan nilai rerata tertinggi dari kelas
XII IPA paralel dan XII IPS paralel adalah nilai bahasa Indonesia.
C.
Perolehan nilai rerata terendah dari kelas
XII IPA parllel dan XII IPS paralel adalah nilai biologi.
D.
Peringkat pertama dan kedua dari keenam mata
pelajaran yang di-UN-kan adalah Biologi dan Fisika.
E.
Peringkat terendah dari keenam mata pelajaran
yang di-UN-kan adalah bahasa Indonesia.
Bacalah
kutipan hikayat berikut dengan teliti! (untuk soal nomor 13 dan 14)
Maka Khoja Bakhti Jamal pun membawa Alkis Menteri
kepada tempat perbendaharaan itu. Apabila Alkis Menteri melihat harta
perbendaharaan itu terlalu banyak, maka hatinya pun terlalu sukacita; mukanya
berseri-seri seperti bunga raya kembang. Maka ia pun berpikir di dalam
hatinya, “Adapun harta ini terlalu banyak, jika aku ambil setahu Khoja Bakhti
Jamalini, nescaya keluarlah rahasia ini. Seperti kata orang tua-tua dahulu
kala, “Jika memenggal kepala orang, jika kepada saudara sendiri pun jangan
diberitahu”. Demikian adatnya pekerjaan rahasia ini, sempurnalah aku. Adapun
Khojah Bakti Jamal ini, di atas perbendaharaan inilah aku bunuh, supaya
seumur hidupku datang kepada anak cucuku pun memakannya tiada habis, dan
suatru pun tiada balanya akan daku dan akan anak cucuku(Hikayat Amir Hamzah).
|
13.
Isi hikayat tersebut adalah ….
A.
Khoja Bakti Jamal bersahabat baik dengan
Alkis Menteri hingga akhir hayat.
B.
Persahabatan dua orang yang saling pengertian
dan saling menolong.
C.
Persahabatan antara Khoja dan Alkis Menteri
menjadi teladan bagi rakyat.
D.
Alkis Menteri hendak membunuh sahabatnya
Khoja Bakti Jamal karena harta.
E.
Alkis Menteri terpaksa akan menghabisi
sahabatnya demi menjaga rahasia.
14.
Nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat
tersebut adalah ….
A.
agama
B.
kesopanan
C.
kesusilaan
D.
kebersamaan
E.
moral
15.
Bacalah kutipan novel berikut dengan baik!
(untuk soal nomor 15 dan 17)
Namun, di kios-kios
itu, Irya kasihku, aku termangu. Kupandangi judul-judul buku-buku yang di
tanah air sulit ditemui. Hamlet, Macbeth, karya-karya Shakes Peare, dalam bahasa Spanyol. Lalu
barisan para pengarang Argentina yang tak pernah kudengar namanya, seperti
Leopoldo Marechal, ataupun Roberto Arlt. Setelah kuteliti ada juga nama yang
kukenal selain Borges, Ernesto Cardenal. Aku harus segera menguasai bahasa
Spanyol, buku-buku yang kusenangi ada di sini, di kios pinggir jalan. Si
pemilik kios mempersilakanku memegang
buku-bukunya. Aku bertanya, apakah ia punya buku berbahasa Inggris,
sekadar basa-basi. Sebentar ia masuk ke dalam kiosnya dan keluar membawa
buku-buku John Grisham, “A Time to kill,” TheFirm (Genthong
Hari Selo Ali, Surat-Surat Irya kepada
Uma, Uma kepada Irya).
|
Sudut
pandang dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A.
Aku tokoh utama
B.
Aku tokoh tambahan
C.
Dia mahatahu
D.
Dia terbatas
E.
Dia terarah
16.
Watak tokoh dalam kutipan novel tersebut
adalah ….
A.
intelek, kurang peduli, perhatian
B.
intelek, peduli, penuh perhatian
C.
intelek, tinggi hati, kurang peduli
D.
intelek, rendah hati,penuh perhatian
E.
intelek, rendah diri, penuh perhatian
17.
Cara penggambaran karakter
tokoh dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A.
dialog antartokoh
B.
pikiran-pikiran tokoh
C.
penjelasan pengarang
D.
konflik batin tokoh
E.
komentar tokoh lain
18.
Bacalah kutipan drama berikut dengan baik!
…….
Mardilah
Maskun
Mardilah
Maskun
Mardilah
Maskun
|
:
Mengapa Pak? Ada apa? Kau, akhir-akhir ini cepat sekali marah.
:
Mardilah! Aku tidak suka berbicara dengan Engkau! (menatap Maskun sesaat, kemudian bangkit seraya menghela
napas)
:
Baiklah, Pak. (Ia bergerak lalu masuk ke dalam).
:
Tunggu dulu! : Ya? Kau mesti peringatkan Suhita! Anak itu kian hari kian
menjadi liar!
:
Ada apa dengan Suhita, Pak? Tadi pun ia mengeluh karena katanya kau marah
lagi. (Menghampiri suaminya) Sudah selayaknya kalau kau berdamai dengan dia.
:
Dia yang harus berdamai dengan aku. (Terdiam sejenak) Anak itu seperti bukan
anakku ….
|
Masalah
yang menjadi penyebab konflik dalam kutipan drama tersebut adalah ….
A.
Kemarahan Maskun kepada Suhita
B.
Kemarahan Maskun kepada Mardilah dan Suhita
C.
Kecurigaan Maskun bahwa Suhita bukan anaknya
D.
Tingkah laku Suhita tidak disukai Maskun
E.
Perselisihan paham antara Maskun dan Suhita.
19.
Simaklah kutipan puisi berikut dengan
saksama!
SUNGAI
Oleh: Sanusi Pane
Waktu masih muda
dewasa
Nyala gembira masih
di kandung
Sungai mengalir
gagah perkasa
Gegap gempita di
celah gunung
Sampai di baeah ke
tanah datar
Ia berjalan
lambat-lambat
Telah lebar
sekarang dasar
Megah hati
terhambat-hambat
Makin lama aliran
langlai
Bertambah lembut
jadi suara
Sehingga tenang
dalam muara
Gagah perkasa
diganti damai
Ke dalam laut masuk
sekarang
Sebagai burung
masuk ke sarang
|
Isi puisi
baru tersebut adalah ….
A.
Jiwa bergelora semasa masih berusia muda,
berubah agak beringas menjelang dewasa, dan akhirnya tercapai ketenangan jiwa pada usia lanjut.
B.
Jiwa bergelora semasa masih berusia muda,
berubah agak tenang menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah ketenangan jiwa
pada usia lanjut.
C.
Jiwa bersemangat semasa masih berusia muda,
berubah agak tenang menjelang dewasa, walaupun belum mencapai ketenangan jiwa pada usia lanjut.
D.
Jiwa bersemangat semasa muda, berubah agak baik
menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah kesabaran lebih baik pada usia
lanjut.
E.
Jiwa bergelora semasa masih muda, berubah
agak menyenangkan menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah jiwa yang terpuji pada
usia lanjut.
20.
Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut
adalah ….
A.
selalu berjuang tapi setengah-setengah
B.
penuh tantangan dan perjuangan
C.
melewati tantangan dan rintangan mudah
D.
penuh teka-teki kehidupan bermasalah
E.
menjelajah kehidupan alam baka
21.
Simaklah kutipan pantun berikut!
Gunung Daik
timang-timangan
Tempat kera
berulang ali
Budi yang baik
kenang-kenangan
Budi yang jahat
buang sekali
|
Maksud
pantun tersebut adalah ….
A.
Sebaiknya jasa baik seseorang anggap saja itu
amalnya, sisi kekurangannya jangan diingat.
B.
Alangkah baiknya jasa baik seseorang kita
kenang, sedangkan sisi kejelekannya tak perlu diingat-ingat.
C.
Sebaik-baik manusia adalah yang mengerti
kebaikan dan melupakan jasa baik seseorang tersebut.
D.
Alangkah indahnya jika bisa melupakan
kejahatan seseorang, melupakan semua
kebaikannya.
E.
Alangkah baiknya jika kita tak perlu
mengingat kejahatan seseorang dan tak perlu mengingat-ingat kebaikannya.
22.
Bacalah kutipan gurindam berikut!
Barang siapa
mengenal akherat,
Tahulah ia dunia
mudarat
|
Maksud
gurindam tersebut adalah ….
A.
Barang siapa mengisi kehidupan dengan berhura-hura
kelak akan mendapatkan kerugian.
B.
Barang siapa tidak berbuat kebajikan kelak
akan menemui kesengsaraan dan kerugian.
C.
Barang siapa mengisi kehidupan dengan
kebajikan dan amal soleh maka akan selamat dunia akherat.
D.
Barang siapa mengisi kehidupan dengan amal
kebajikan maka akan diselamatkan
akheratnya.
E.
Barang siapa menyia-nyiakan kehidupan maka
kelak akan memeroleh kesengsaraan dan penderitaan.
23.
Bacalah kalimat-kalimat berikut denga baik!
(1)Di
samping itu, redaktur juga tidak pernah terpengaruh dengan anggapan bahwa
cerpen percintaan itu picisan.
(2)Sesungguhnya
setelah dipahami, cerita percintaan itu menarik dan memberikan pencerahan
bagi pembaca.
(3)Jadi
, cerita ini bukanlah picisan.
(4)Dapat
dipastikan, pemuatan cerpen di media massa tidak jauh dari tema-tema seperti
itu.
(5)Jika
sesekali ada redaktur yang memuat cerpen percintaan, cerpen itu akan disebut
picisan
|
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi sebuah paragraf yang baik ….
A.
(1), (2), (3), (4), (5)
B.
(2), (1), (4), (5), (3)
C.
(4), (5), (2), (3), (1)
D.
(4), (5), (3), (2), (1)
E.
(4), (5), (2), (1), (3)
24.
Bacalah paragraf narasi berikut dengan baik!
Tiga orang begerak
menyerang. Lea segera menangkis dengan pedang pendeknya. Beberapa lagi
menyerang Bixi. Bixi menghindari dengan lembut dan tangannya bergerak lagi,
membentuk pusaran. Hanya beberapa saat, beberapa orang terpental akibat
tenaga dalam Bixi, sedang Lea sudah mengeluarkan pedangnya yang satu lagi.
Kini, dia menggunakan dua pedang sekaligus. Beberapa lawan menerjang, Lea
menangkis dan menusuk tepat sasaran. …. (Dewi Sartika, Ranah Sembilan:134).
|
Untuk melengkapi
bagian rumpang dalam paragraf narasi tersebut adalah ….
A.
Tangannya lincah minta ampun.
B.
Tangannya kelihatan panjang.
C.
Tangannya lincah bergerak.
D.
Kedua tangannya sangat lincah.
E.
Kedua tangannya bak pedang bermata.
25.
Simaklah kutipan paragraf deskripsi berikut!
Ketiga anak manusia
ini bagaikan kumbang-kumbang yang baru saja mengenal keindahan hutan dengan
kembang-kembangnya. Menatap alam dengan kepasrahan hatinya. Menyelami rimba
raya dengan kejujurannya. ….
|
Bagian
rumpang pada kutipan tersebut dapat diisi dengan kalimat ….
A.
Hutan yang ganas dapat diarungi dengan
segenap jiwa raganya dengan semangat bajanya.
B.
Hutan yang dahsyat dan ganas menjadi napas
yang tenang dalam keikhlasan budinya.
C.
Hutan yang lebat dan rindang dapat membuat
sesuatu yang berarti dari seorang ksatria ini.
D.
Hutan yang menjulang dan rerumputan liar
turut menemani dalam setiap jengkal langkahnya.
E.
Hutan yang rindang dan lebat adalah sorga
dunia bagi seseorang yang senantiasa berbaik hatinya
26. Cermati paragraf berikut!
….
Kalau benar-benar
kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai
ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar
kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia
berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan?
Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!
Demikian pidato
saya, sekian dan terima kasih.
Sumber: Terampil Pidato,
2001: 83-89
|
Kalimat
persuasi dalam kutipan pidato tersebut adalah ….
A.
Kalau benar-benar kita bertekad ingin
meningkatkan diri
B.
Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan
teknologi
C.
Kalau benar-benar kita mempunyai semangat
pantang menyerah
D.
Untuk kejayaan bangsa kita medatang.
Mari kita buktikan itu!
E.
Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas
dan berteknologi tinggi.
27.
Simaklah paragraf analogi berikut dengan
saksama!
Seorang pendaki
tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia
harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang
menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar
untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut
memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki
tebing.
|
Kesimpulan
paragraf tersebut adalah ….
A.
Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang
ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
B.
Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar
mempunyai persyaratan yang hamper sama.
C.
Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan
pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
D.
Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan
yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
E.
Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki
gunung memiliki kesamaan persyaratan.
28.
Cermatilah paragraf rumpang berikut dengan saksama!
… Sisa-sisa
kegitaan gunung api masih tampak pada ciri desa itu berupa bukit-bukit
berlereng curam, lembah-lembah atau jurang-jurang dalam berbagai jenis pakis
dan pakuan-pakuan. Tanahnya hitam dan berhumus tebel mampu menyimpan air
sehingga sungai-sungai kecil yang berbatu dan parit-parit alam gemericik
sepanjang tahun.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi awal paragraf tersebut adalah ….
A.
Bila hujan turun, air cepat terserap ke dalam
tanah.
B.
Rumpu bambo tumbuh sangat rapat dekat tebing
sungai.
C.
Pipa-pipa bamboo dibuat orang untuk
menyalurkan air.
D.
Karangsoga adalah sebuah desa di kakii
pegunungan vulkanik.
E.
Pekarangan yang sejuk kebanyakan berbatas
rumpun salak.
29.
Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut
dengan baik!
Pendidikan kesenian
di sekolah, hingga kini, masih belum mendapatkan perhatian serius.
Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di Depdiknas menempatkan
kesenian bukan sebagi hal mendesak. ….
|
Kalimat
akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
A.
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak
terlampau dapat diharapkan.
B.
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah
hanya berjalan ala kadarnya.
C.
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah
berjalan tanpa arah yang tak jelas.
D.
Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak
dapat diandalkan warga sekolah.
E.
Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama
sekali tak berjalan dengan wajar.
30.
Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Rakyat Palestina di
Jerusalem makin…akibat ulah Israel. Rencana Israel…ribuan unit rumah baru,
mendapat kecaman dari berbagai pihak. Tapi Israel bergeming dan ingin
melanjutkan pembangunan…Yahudi.
|
Kata berimbuhan yang tepat
untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A.
didesak, membangun, permukiman
B.
terdesak, membangun, pemukiman
C.
didesak, membangunkan, permukiman
D.
terdesak, membangunkan, pemukiman
E.
terdesak, membangun, permukiman
31.
Bacalah kutipan paragraf persuasi berikut
dengan baik!
Myusindi merupakan
pantai yang sangat indah. Letaknya di sebelah barat Pulau Biak dan di sebelah
utara Pulau Waropen Barat di Papua. Pantainya sangat landai. Lautnya bersih
membiru. Di sepanjang pantai terhampar pasir nan putih. Di sekeliling pantai
ditumbuhi pohon kelapa dan kedondong. Tepat di puncak pepohonan itu tampak
berseliweran burung-burung gereja beterbangan. Angin semilir menyejukkan. Sesekali
aroma Baubara panggang penduduk
setempat singgah di hidung begitu saja. ….
|
Bagian
yang rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan ….
A.
Sungguh menyenangkan dan mengasyikkan berwisata
ke pantai Myusindi.
B.
Sungguh sesuatu sekali jika kita berwisata ke
pantai Myusindi tersebut.
C.
Sungguh membuat kita ketagihan dan terkenang
selalu datang ke Pantai Myusindi.
D.
Betapa kita merindukan dan mengenangkan pantai
nan indah dan cantik, Myusindi.
E.
Betapa indah dan asyiknya jika berwisata ke
Pantai Myusindi nan indah dan asli.
32.
Simaklah kutipan paragraf berikut!
Beberapa atlit sepak bola sedang dinasehati oleh pelatih mereka. Dua
tiga hari lagi para pemain bola itu akan bertanding antar pulau. Untuk even ini klub tersebut mentargetkan memeroleh peringkat pertama.
|
Kosakata
baku dalam bagian rumpang tersebut adalah ….
A.
atlet, dinasihati, antarpulau, mentargetkan
B.
atlit, dinasihati, antarpulau, mentargetkan
C.
atlet, dinasihati, antarpulau, menargetkan
D.
atlet, dinasihati, antar pulau, mentargetkan
E.
atlet, dinasihati, antar pulau, menargetkan
33.
Perhatikan paragraf berikut dengan baik!
Semenjak lahir anak
itu telah mengalami …. Penyakit …. itu
tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Meskipun demikian kedua orang tuanya
tetap berusaha …. secara rutin memeriksakan buah hatinya ke rumah sakit yang terbaik.
Bahkan, sepasang suami istri itu berikhtiar sampai ke …..
|
Kata
serapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ….
A.
tuna grahita, degenerative, proaktif, para
normal
B.
tuna grahita, degeneratif, proaktif, para
normal
C.
tunagrahita, degeneratif, proaktif,
paranormal
D.
tunagrahita, degenerativ, proaktif, para
normal
E.
tunagrahita, degeneratif, pro aktif,
paranormal
34.
Cermati kutipan paragraf berikut dengan baik!
Legalitas wajib
belajar 12 tahun … oleh berbagai organisasi masyarakat peduli pendidikan yang
tergabung dalam New York for Education
Watch Indonesia alias Jaringan … Pendidikan Indonesia. Wajib belajar
hingga jenjang sekolah menengah pertama … tidak lagi memadai(Kompas, 23 Oktober 2016).
|
Kata
berimbuhan untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A.
diperjuangkan, Pemantau, dinilai
B.
diperjuangkan, Pemantauan, dinilai
C.
diperjuangkan, Pemantau, dinilainya
D.
memerjuangkan, Pemantau, dinilai
E.
memerjuangkan, Pemantauan, dinilai
35.
Bacalah kutipan paragraf berikut!
Aku mengenal …. Itu
sebagai pribadi-pribadi. Terutama, untuk pengidentifikasian dalam catatanku
yang …. Halaman, aku telah member nama untuk mereka: Rafiki, Paman Bret,
Icarus, dan sebagainya. Masing-masing dari mereka ternyata memiliki sifat dan
kepribadian yang ....
|
Bagian
yang rumpang dalam kutipan tersebut dapat diisi dengan kata ulang ….
A.
gorilla-gorila, beratus-ratus, berbeda-beda
B.
banyak gorila, beratusan, berbeda-beda
C.
banyak gorila,beratus-ratus, perbedaan
D.
gorilla-gorila, ratus-ratusan, berbeda-beda
E.
gorilla-gorilaan, berates-ratus, berbeda-beda
36.
Simaklah kutipan paragraf berikut dengan
saksama!
Hampir setiap hari
perempuan itu berada di ujung jalan. Tepatnya di bawah pohon kersen dekat pos
ronda, tak jauh dari rumahnya. Wajahnya tampak pucat. Kedua matanya menerawang
jauh. Entah apa yang dipikirkannya. Raut mukanya menyiratkan kekhawatiran.
Sebentar-sebentar matanya melihat ke arah jalan. Sepertinya ada seseorang
yang sedang ditunggunya. Perempuan setengah baya itu sangat tidak tenang sesuai
dengan peribahasa ….
|
Bagian
rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan ungkapan ….
A.
Tangan kanan jangan percaya akan tangan kiri
B.
Digenggam takut mati, dilepaskan takut
terbang
C.
Selera tajam bagai taji, tulang lemah bagai
kanji
D.
Tali busur tidak selamanya dapat direnggang
E.
Datang tampak muka, pulang tampak punggung
37.
Perhatikan kalimat berikut!
Para hadirin
dipersilahkan menikmati minuman dan snack.
|
Pembetulan
kalimat yang belum efektif tersebut adalah ….
A.
Para hadirin dipersilakan menikmati minuman
dan snack.
B. Para
hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan snack.
C.
Para hadirin dipersilakan menikmati minuman
dan kudapan.
D.
Hadirin dipersilakan menikmati minuman dan
kudapan.
E.
Hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan
kudapan.
38.
Bacalah kutipan kalimat berikut!
Pola hidup
ekoefisiensi pada pejabat pemerintah …. terhadap rakyat. Kepercayaan
pemerintah pun akan cepat naik, antara lain bahwa pemerintah mempunyai
keberpihakan pada rakyat dengan pembangunan yang ….. Berhasilnya ekoefisiensi
akan mendorong orang akan merasa bangga dapat hidup …., yaitu dengan sedikit
materi dan energi dapat menghasilkan layanan dan kenikmatan lebih banyak.
Pameran materi dan energi “lebih banyak dan lebih mahal adalah lebih baik”
diubah menjadi “mendapatkan lebih banyak dengan biaya dan dampak lingkungan
lebih sedikit adalah lebih baik dan modern”. Orang akhirnya merasa tidak
pantas naik mobil ke tujuan yang lebih dekat. Ia malu. Yang pantas ialah
berjalan kaki atau bersepeda. Dampaknya ialah pembangunan menjadi …. dan lebih murah.
|
Bagian
yang rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan frase ….
A.
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan efektif,
ramah lingkungan
B.
sangat berpengaruh, lebih baik, dengan
efisien, ramah lingkungan
C.
sangat memengaruhi, lebih adil, dengan
efisien, ramah lingkungan
D.
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan efektivitas, lingkungan ramah
E.
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan
efektif, lingkungan ramah
39.
Simaklah paragraf berikut dengan cermat!
Benda cagar budaya
di Indonesia … incaran kolektor. Slah satu benda tersebut adalah arca
Akhsobhya Buddha yang sedang duduk bersila … kedua telapak tangan di atas
paha. Benda seni tersebut tergolong barang dagangan yang harhanya tak
ternilai. Penawaran sempat dibuka … harga U$$ 300.000 … sekitar tiga miliar.
Harga selangit itulah yang ditawarkan balai lelang Chrystie’s di New York.
|
Kata
penghubung untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah
…
A.
menjadi, dengan, dengan, atau
B.
menjadi, dengan, atau, sama dengan
C.
menjadi, dengan, sama dengan, atau
D.
menjadikan, dengan, dengan, atau
E.
jadi, dengan, sama dengan, ataupun
40.
Perhatikan kalimat penutup surat balasan
lamaran kerja berikut!
Atas perhatiannya,
diucapkan terima kasih
|
Perbaikan
kalimat penutup tersebut yang tepat adalah ….
A.
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan
terima kasih
B.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menghaturkan
terima kasih
C.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan
terima kasih
D.
Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan
terima kasih
E.
Atas perhatian Saudara-Saudara, kami ucapkan
terima kasih
41.
Cermatilah
iklan lowongan kerja berikut!
DIBUTUHKAN SEGERA
Perusahaan kain tenun
PANCARKAN CAHAYA Jalan Magelang km 12 Yogyakarta, membutuhkan tenaga profesional untuk posisi marketing.
Persyaratan: minimal tamatan S1, maks. 25, dan menguasai
komputer.
Lamaran disertai, fotokopi ijazah, pasfoto. Dikirim
selambat-lambatnya 1 minggu setelah iklan ini ke PO BOX 7777 – Yogyakarta.
KR, 13
Oktober 2016
|
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai
dengan iklan tersebut adalah…
A. Berhubungan dengan iklan di harian Kedaulatan
Rakyat, 13 Oktober 2016,
saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai marketing di perusahaan Bapak.
B. Setelah membaca surat harian Kedaulatan
Rakyat, 13 Oktober 2016,
maka saya berminat menjadi marketing pada perusahaan Bapak.
C. Saya mengajukan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan Bapak di harian Kedaulatan Rakyat 13 Oktober 2016 yang mencari karyawan marketing.
D. Saya mengajukan lamaran pekerjaan melalui surat ini sesuai iklan di harian KR, 13 OKTOBER 2016 yang mencari marketing.
E. Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya
bermaksud mengisi lowongan di harian KR,
13 Oktober 2016.
42.
Perhatikan judul karya ilmiah berikut!
metode bii
bebi upaya
meningkatkan pembelajaran menulis puisi
|
Penulisan
judul karya ilmiah tersebut adalah ….
A.
Metode Bii Bebi Upaya meningkatkan
pembelajaran menulis puisi
B.
Metode Bii Bebi Upaya meningkatkan
pembelajaran menulis puisi.
C.
Metode Bii Bebi upaya Meningkatkan
Pembelajaran Menulis Puisi
D.
Metode Bii Bebi Upaya Meningkatkan
Pembelajaran Menulis Puisi
E.
Metode Bii Bebi upaya Meningkatkan
Pembelajaran Menulis Puisi.
43.
Latar belakang karya ilmiah yang berjudul
“Pemanfaatan Buah Murbei sebagai Pewarna Pakaian yang Ramah Lingkungan” adalah
….
A.
Banyaknya penggunaan pewarna pakaian yang
tidak ramah lingkungan
B.
Banyaknya berbagai merk pakaian yang
ditawarkan di dunia fashion
C.
Adanya pewarna pakaian yang hampir merusak
kontur dan kesuburan tanah
D.
Adanya pewarna pakaian yang keras sehingga
dapat merusak kulit tubuh.
E.
Pewarna pakaian sintetis digalakkan untuk
memenuhi permintaan pasar
44.
Perhatikan topik karya ilmiah berikut!
Penggalakan
penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA
|
Rumusan
masalah yang tepat dengan topik tersebut adalah ….
A.
Siapakah yang menggalakkan penulisan fiksi di
kalangan pelajar SMA?
B.
Mengapa penggalakan penulisan fiksi di
kalangan pelajar SMA dilakukan?
C.
Bagaimana cara penggalakan penulisan fiksi di
kalangan pelajar SMA?
D.
Dengan bagaimanakah penggalakan penulisan
fiksi di kalangan pelajar SMA?
E.
Di manakah dilaksanakan penggalakan penulisan
fiksi di kalangan pelajar SMA?
45.
Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!
Sajak Sebatang
Lisong
W.S. Rendra
….
Dan di langi para
teknokrat berkata:
Bahwa bangsa kita
adalah malas
Bahwa bangsa mesti
dibangun
Mesti diup-grade
Disesuaikan dengan
teknologi yang diimpor
Gunung-gunung
menjulang
….
Dan aku melihat
Protes-protes yang
terpendam
Terimpit di bawah
tilam
….
|
Ungkapan
yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua
adalah ….
A.
Langit pesta warna di dalam senjakala
B.
Langit pesta warna di dalam horison
C.
Langit pesta warna di dalam alam raya
D.
Langit pesta warna di dalam semesta
E.
Langit pesta warna di hati sang pemuja
46.
Cermati kutipan pantun berikut!
Ambil kawat terus
pilinkan
Kawat nan dari
Inderagiri
Walaupun surat
hamba kirimkan
….
|
Larik yang
tepat untuk mengisi bagian rumpang kutipan pantun tersebut adalah ….
A.
Seperti badan datangnya sendiri
B.
Seperti badan datang berdiri sendiri
C.
Seperti badan datang sendirian
D.
Seperti badan datang menyendiri
E.
Seperti badan datang sendiri
47.
Bacalah kutipan drama berikut dengan baik!
Si Peci
Si Tua
Si Peci
Si Kacamata
Si Peci
Pemuda
Si Peci
Pemuda
|
: Makan tidak
bayar.
: Siapa, pemuda
ini?
: Ya, pemuda ini.
: Segagah ini?
:
Kalau tidak gagah, barangkali tidak berani ia menipu (pada pemuda) Hei, pemuda! Kau punya uang tidak?
:
(Setelah beberapa lama) Punya.
:
Nah, kenapa mesti tidak bayar?
: ….
(Arifin C. Noer, Matahari di Sebuah Jalan Kecil)
|
Bagian rumpang
dalam kutipan tersebut dapat diisi dengan kalimat ….
A.
Siapa yang bilang.
B.
Beraninya Pak Tua.
C.
Jangan menghina saya.
D.
Saya tak punya uang.
E.
Uang saya ketinggalan.
48.
Bacalah kutipan resensi berikut dengan baik!
….
Diana dan Lea
mendekat. Amon berjalan mengambil buntelan
miliknya lalu melemparkannya pada Diana. Diana menangkap da mundur karena
kaget.
“Kita pergi
secepatnya dari sini!” seru Amon, “Kalau tidak, kita akan bertemu cecunguk seperti mereka, bakal repot
lagi!”
Diana dan Lea
berpandangan.
“Cepat! Kalian
lamban sekali!” Amon berteriak tidak sabar(Dewi Sartika, Ranah Sembilan:11).
|
Kalimat resensi
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….
A.
Kehadiran kosakata Jawa menyelinap begitu
saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa
dalam Ranah Sembilan dengan baik,
mengalir begitu saja.
B.
Kehadiran kosakata Jawa menyelinap begitu
saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa
dalam novel Ranah Sembilan berkesan mengalir
dan lancar.
C.
Pemakaian kosakata Jawa seolah-olah
dipaksakan menyelinap lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan
jika bahasa dalam Ranah Sembilan seperti
mengalir dan lancar.
D.
Pemakaian ada kesan bahasa Jawa terkesan
dipaksakan menyelinap begitu saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia.
Maka tak berlebihan jika bahasa dalam Ranah
Sembilan lincah, mengalir bak aliran sungai.
E.
Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu penulis, menyelinap
dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam
novel Ranah Sembilan lincah, tanpa
hambatan.
49.
Bacalah kutipan esai kritik berikut secara
saksama!
Menggigil aku
berjalan menyusuri perkampungan yang sudah sunyi. Sepupuku, Riri, tampak
menarik jaketnya. Ia berjalan agak merapat di sampingku. Kami berdua sangat
lelah. Seharian naik bus dan kini kemalaman tiba di kampung Sekar. Salahnya,
kami tak sempat mengabari Paman. Beginilah kalau bepergian tanpa rencana
matang.
Kulirik sebentar
arlojiku. Jam menunjukkan pukul dua belas kurang seperempat. Malam semakin
sunyi. Apalagi jalan yang kami lewati sangat sepi. Hanya ada satu dua rumah
penduduk. Perkampungan yang ramai masih agak jauh. Namun, berkas-berkas sinar
lampu tampak dari kejauhan. Di sanalah rumah Paman Sukri berada (Mas Beng, Perjalanan Malam)
|
Kalimat kritik
yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A.
Tokoh Aku merupakan gambaran tokoh yang
manusiawi terbukti kelalaiannya mengabari kedatangan mereka kepada sang paman.
B.
Tokoh aku merupakan tokoh yang wajar
sekaligus manusiawi, namun agak berlebihan cara pandangnya dalam bersikap
kepada pamannya.
C.
Kekuranglengkapan kompleksitas penokohan
terlihat pada kewajaran tokoh utama sekadar menikmati perjalanan malam.
D.
Sudut pandang yang digunakan pengarang membuat
perjalanan malamnya semakin berkesan dan mengasyikkan.
E.
Sudut pandang tokoh utama terhadap kejadian
yang dialaminya adalah dengan maksud tak ingin merepotkan sang paman.
50.
Simaklah kutipan esai berikut!
Penyimpangan
yang dilakukan Putu Wijaya bukan merupakan ketidaktahuan, melainkan dengan
kesengajaan agar ceritanya tidak terbatas pada pakem-pakem lama saja, tetapi
digubah secara kontekstual dengan situasi dan suasana kehidupan masyarakat
dewasa ini. Putu Wijaya tidak hanya mementingkan pakem atau alur cerita yang
dianggap monoton. Ia hanya meminjam individu-individu rekaan yang berada di
panggung baratayuda untuk mendobrak realitas yang telah dianggap mapan dan
monoton.
Upaya-upaya
di atas memang terkesan menjungkirbalikkan kisah baratayuda, tetapi
sebenarnya tidak lebih dari upaya-upaya agar wayang masih bisa dikenali
sebagai warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan. Upaya melestarikan
tidak harus membuat tradisi seni pedalangan menjadi statis. Setiap kebudayaan
pasti mengalami perubahan sesuai dengan zaman dan perkembangan
masyarakatnya(Wibisono, 2004). …. (Sarno, Dekonstruksi
Kisah Baratayuda dalam Novel Perang Karya Putu Wijaya).
|
Simpulan
kutipan esai di atas adalah ….
A.
Putu adalah dalangnya novel yang berupaya
mendekonstruksi pakem dalam wayang-wayang yang diciptakan sesuai dengan situasi
dan zaman sekarang; bukan berarti memalsukan kebenaran.
B.
Putu adalah dalangnya novel yang berupaya
mendekonstruksi pakem dalam wayang-wayang yang diciptakan sesuai dengan situasi
dan zaman sekarang; tak lain agar masyarakat mengenal wayang.
C.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu
dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalangnya wayang-wayang secara
fiktif, sekaligus menjadi dalangnya dalang dalam novelnya.
D.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu
dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalang wayang-wayang tersebut,
sekaligus menjadi dalangnya dalang dalam novelnya.
E.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu
dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalang dari segala dalang
wayang-wayang tersebut, sekaligus menjadi dalang dalam novelnya.
KUNCI JAWABAN
1. E 26. D
2. A 27. A
3. D 28. D
4. A 29. B
5. E 30. E
6. A 31. A
7. B 32. C
8. E 33. C
9. D 34. A
10. E 35. A
11. C 36. B
12. A 37. D
13. D 38. A
14. E 39. A
15. A 40. D
16. B 41. A
17. B 42. D
18. D 43. A
19. B 44. C
20. B 45. A
21. B 46. E
22. C 47. E
23. B 48. B
24. E 49. A
25. B 50. D
thanks sangat membantu
BalasHapus